Muhasabah Banada Putaran Ke-10 Kian Ramai

Banada-Muhasabah Dzurriyah Banada putaran ke-10 berlangsung semakin ramai dan marak. Kegiatan rutinan bulanan yang dilaksanakan pada hari Ahad Malam (12/7/20) di maqbaroh Banada Desa Mirat Kecamatan Leuwimunding Majalengka ini dihadiri oleh kurang lebih 100 orang.

Menurut penanggungjawab acara, H. Nasir, banyaknya hadirin pada putaran bulan ini tidak lepas dari upaya penghimpunan data anak keturunan masyayikh Banada yang sedang dilaksanakan sejak 2 bulan terakhir. “Biasanya yang hadir paling banyak hanya 50 orang, alhamdulillah malam ini bisa dihadiri oleh kurang lebih 100 orang”. ujarnya.

Ditambahkannya, sejak dua bulan terakhir pihaknya sedang menghimpun kembali data anak keturunan para Masyayikh Banada yang tersebar di berbagai daerah. Masyayikh yang dimaksud adalah Syekh Buyut Nur Shomad Cibatur, Syekh Buyut Nur Qiyam Dukuh Asih, Syekh Buyut Harun Banada dan Syekh Buyut Madinah Leuwimunding. Keempat masyayikh ini merupakan cikal bakal dan pendiri Pondok Pesantren Banada Desa Mirat.

Hal senada disampaikan oleh Drs. Arfin Muslim, Koordinator Kegiatan Banada. Menurut Kepala MAN Kuningan ini, sudah selayaknya para anak keturunan didata dan dikumpulkan agar terjalin shilaturrahmi dan dapat meneladani kehebatan para sesepuh Banada.

“Mudah-mudahan pendataan keluarga ini segera dapat diselesaikan, selanjutnya akan dibukukan dan dibagikan kepada setiap rumpun keluarga. Diharapkan ke depan mereka dapat hadir pada kegiatan-kegiatan di Banada, seperti Halal Bihalal, Haul dan Muhasabah”, harapnya.

Kegiatan Muhasabah putaran ke-10 sejak dimulai pada bulan Oktober 2019 ini, diawali dengan pembacaan muqodimah ziyarah oleh KH. Ahmad Fauzan Pengasuh Pondok Pesantren Raudlatul Jannah Tanjungsari Leuwimunding (Bani Syekh Nur Qiyam) pada pukul 20.30. Selanjutnya dipimpin pembacaan Tawassul oleh Kyai Fuad Sya’ban, pengasuh Pondok Pesantren Tahfizhul Qur’an Parungajaya Leuwimunding (Bani Syekh Harun). Kemudian pembacaan Tahlil dipimpin oleh KH. Hasyim Dimyati, pengasuh Pondok Pesantren Mansyaul Tholibin Rajagaluh (Bani Syekh Harun). Selanjutnya diisi Muhasabah dengan pembacaan Surat Yasin, Surat Al-Waqi’ah, Burdah dan doa Asmaul Husna, dipimpin oleh KH. Bahruddin Al-Hafizh, pengasuh Pondok Pesantren Al-Muhibbin Pasalakan Sumber Cirebon (Bani Syekh Harun). Kemudian pembacaan Khotmul Qur’an oleh M. Alwi Al-Hafizh (Bani Syekh Harun). Acara ditutup dengan pembacaan do’a khotmul qur’an dan doa muhasabah oleh KH. Manshur Salim, pengasuh lembaga pendidikan Al-Ishlah Ciparay Leuwimunding (Bani Syekh Madinah).

Seusai acara muhasabah dilakukan pembai’atan Ketua DKM (Dewan Kemakmuran Maqbaroh) Banada yang tahun ini dipercayakan kepada Ust. Mustain Muslim (Bani Syekh Madinah). Selanjutnya semua hadirin melakukan ramah tamah dengan jamuan nasi liwet dan ayam goreng khas Banada, yang disediakan oleh Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat, H. Nasir Salim, dan Anggota DPRD Kabupaten Majalengka, Drs. Suheri Shidiq. Keduanya merupakan Anggota DPRD dari Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa.

Banada, 15 Juli 2020

Emna El-Ganavi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *