Makna di Balik Logo Huruf “Ba”

Pertama, menunjukkan pada lafadz “Banada” sebagai identitas yang merujuk pada tempat leluhur dzuriyah/keturunan Buyut Harun dan Buyut Madinah.

Kedua, meneguhkan aqidah, sebagaimana telah dijelaskan dalam kitab Al-Iqnaa’ bahwa Allah telah menurunkan sebanyak seratus empat kitab kepada tujuh orang Nabi-Nya, dan seluruh kitab tersebut terkumpul dalam empat kitab, yaitu Al-Quran, Taurat, Injil dan Zabur. Dari keempat kitab tersebut terkumpul dalam satu kitab yaitu Al-Quran. Dan semua surat yang ada dalam Al-Qur`an terkumpul dalam satu surat yaitu al-Fatihah, dan seluruh ayat yang terdapat dalam Al-Fatihah terkumpul dalam bismillahirrahmanirrahim. Ada riwayat lain yang menyebutkan bahwa huruf yang terdapat dalam kalimat basmalah terkumpul dalam huruf "Ba" dan semua yang terdapat dalam huruf "Ba" terkumpul dalam "titiknya.” (Al-Iqnaa’ I/65) Di mana titik tersebut melambangkan sifat wahdaniyah Allah swt.

Ketiga, menjaga silsilah, Asy-Syaikh As-Sayid Muhammad Syatho dalam kitab I’anah menjelaskan: “Huruf Ba adalah huruf yang keluar dari bibir yang saat mengucapkannya bibir terbuka, berbeda dengan huruf bibir lainnya (Mim dan Wawu) seperti halnya saat terbukanya bibir embrio janin manusia kala dalam rahim ibunya saat mengikat janji dengan Allah "Bukankah aku Tuhanmu?” janin tersebut menjawab dengan kalimat yang diawali dengan Ba juga yaitu "balaa" yang artinya, "Iya, Engkaulah Tuhanku.” (I’anah Atthoolibiin I/5). Sehingga diharapkan Dzuriyah Banada akan selalu ingat bahwa mereka adalah keturunan orang-orang shaleh dan senantiasa berusaha mengharumkan dan menjaga nama baik para leluhurnya.

Keempat, mempererat ukhuwah, ditinjau dari kajian ilmu nahwu, Huruf Ba adalah huruf jar yang memiliki ta’alluq (keterikatan) pada kalimat sebelumnya, yang artinya Dzuriyat Banada harus senantiasa menjaga keterikatan lahir maupun bathin terhadap sesama, sehingga dapat mempererat ukhuwah di dunia dan dapat berkumpul hingga kelak di akhirat. Amin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *